Wednesday 7 May 2008

Trois places pour le 26

Reuni Tanggal 26

JARANG terdengar, para sineas Perancis membuat film-film (drama) musikal. Namun, pada Festival Sinema Perancis kali ini, sejumlah film kategori itu disuguhkan kepada publik pencinta sinema Perancis. Film Trois Places pour le 26 (Tiga Kursi untuk Tanggal 26) adalah satu contohnya.

Film ini menarik tidak hanya karena aktor dan penyanyi besar Perancis, Yves Montand, ikut membintangi film ini dan menjadi pemeran utamanya. Lebih dari itu, Trois Places pour le 26 mampu menggabungkan sebuah kisah love story dengan musik, gerak-gerak tari kabaret, dan tentu saja lantunan vokal yang lumayan merdu.

Tak terduga, suatu kali menjelang gladi resik pertunjukan akbar itu, muncul seorang gadis dinamis bernama Marion. Tanpa ba-bi-bu lagi-meski juga belum kenal-gadis ambisius ini lalu menyambangi Yves Montand di kamar studionya. Marion, anak tunggal Baronne Mylene deLambert, berterus-terang sangat mengagumi Montand.


*
CINTA tak lapuk oleh perjalanan waktu. Meski sudah 20 tahun tak saling ketemu, diam-diam Madame Baronne Mylene de Lambert terus menguntit secara diam-diam keberadaan Yves Montand. Di bar "Paradis",tak jauh dari Gedung Opera di Marseille itu, kedua makhluk lawan jenis itu lalu bertemu, mengungkapkan perasaan kangen. Mereka jatuh hati untuk kedua kalinya.

Waktu berjalan sangat cepat. Montand berpisah dengan Mylene. Namun, waktu pula yang akhirnya mempertemukan kedua sejoli itu kembali di bar "Paradis" yang penuh kenangan. Di sini Mylene lalu buka suara. "Aku sudah hamil dua bulan terlebih dahulu, sebelum saya menikah
dengan Baron de Lambert yang menjadi seorang pengusaha sukses dan kini tengah bepergian ke Jepang," katanya jujur namun juga membohongi Montand. Padahal, yang sebenarnya terjadi sang Baron itu kini tengah meringkuk di penjara karena ditahan atas kasus pidana.

Tiba waktunya Marion mengikuti serangkaian audisi bersama Toni Fontaine, sutradara Montand. Dan singkat kata, ia lulus. Demi karir baru ini, ia lalu meninggalkan toko minyak wangi milik Madame Simonot-tempatnya dulu bekerja sebagai pramuniaga. Sepenuhnya, kini ia terjun menekuni dunia akting.

Pertunjukan akbar Yves Montand tanggal 26 itu ternyata sukses besar. Marion dan Montand hanyut dalam suka cita meluap hingga dua manusia beda usia ini terbuai asmara yang begitu membara di sebuah hotel mewah di Marseille. Lewat sebuah dialog pagi hari berikutnya, Marion lalu mengerti bahwa sang bintang besar yang baru saja mengencaninya semalam itu tak lain adalah ayah kandungnya sendiri. (Mathias Hariyadi)

Written and posted by Mathias Hariyadi
First published by Kompas, Saturday 10 June 2000

Source:Database Kliping MATHIAS HARIYADI
222.124.79.135
Reuni Tanggal 26
KOMPAS - Sabtu, 10 Jun 2000
Halaman: 10
Penulis: RYI
Ukuran: 3684

No comments: