Thursday 15 May 2008

Cannes tak Sekedar Palme d'Or

Cannes, Semua Serba Uang

CANNES, kota kecil di bibir pantai Cote d'Azur, Perancis selatan, sekitar 1.000 km dari Paris, yang sering sepi kalau tidak ada kegiatan-kegiatan tertentu, menjadi ramai ketika berlangsung MIDEM 2000 de Cannes minggu ketiga bulan Januari ini.

Inilah forum pasar bursa musik internasional dan semua hasil industri musik dunia (sesuai namanya MIDEM yang merupakan kepanjangan Marche International de Disques et l'Edition Musicale) di mana bertemu kalangan industri musik untuk saling kenal, bicara, dan berbisnisbersama. Pembukaan acara berlangsung di gedung Palais des Festival di jantung Kota Cannes, Sabtu (22/1) malam waktu setempat (Minggu dini hari WIB), dilanjutkan coctail party di lantai dua di gedung yang sama untuk kemudian pesta all night long pada acara "Malam Indonesia" di ballroom Hotel Martinez tak jauh dari Palais des Festivals.

MIDEM 2000 de Cannes ikut menambah popularitas kota kecil di tepi Laut Mediterania ini, setelah tentu saja Festival Film Cannes setiap tahun yang sudah mendunia itu. Konsekuensi berikut dari acara internasional semacam ini, semua barang di Cannes melonjak harganya.

Sekadar contoh, ongkos menginap di sebuah hotel melati kelas tiga yang lebih mirip losmen atau rumah susun di kawasan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat, pihak pengelola hotel mengutip tak kurang dari 200 franc per hari yang dengan nilai kurs satu franc = Rp 1.200 berarti lebih Rp 240.000. Ongkos lebih besar misalnya Hotel Martinez yang berbintang empat dengan harga kamar per hari 1.200 franc atau Rp 1,5 juta. Untuk bisa minum Coca Cola atau air mineral, orang harus mengeluarkan lebih kurang Rp 25.000.

Jangan tanya ongkos transportasi. Ongkos taksi dari hotel tempat menginap sampai di Palais des Festival yang lokasinya tak lebih dari 10 km, ongkos sedikitnya 70 franc atau Rp 84.000.Yang membuat semua menjadi terasa lebih "ringan" adalah karena semua orang di sini tiba-tiba suka bicara tentang MIDEM 2000. Entah di gang-gang sempit yang tersebar di pinggiran Jalan la Croisette atau di kafe-kafe yang berderet di sepanjang jalan utama di Kota Cannes ini.

Intinya, MIDEM 2000 de Cannes inilah yang membuat wajah kota kecil yang sehari-hari lebih banyak "diramaikan" oleh para pensiunan dan kaum muda jatuh cinta itu, menjadi lebih semarak. Suasana semarak itu sudah terasa sejak mendarat di Bandara Internasional Nice yang lokasinya sekitar 30 km dari pusat kota atau sekitar 20 menit perjalanan naik taksi. Baliho dan poster-poster ukuran raksasa penuh warna-warni bertuliskan "MIDEM 2000" bertaburandi setiap penjuru. Begitu pula di pinggiran jalan dari dan menuju Bandara Nice-Cannes. Namun, kesemarakan ini pulalah yang harus dibayar mahal oleh mereka yang berkantung pas-pasan.
(Mathias Hariyadi, dari Cannes, Perancis)

Written and posted by Mathias Hariyadi
Published by Kompas, Friday 4 February 2000

Source: Database Kliping MATHIAS HARIYADI
125.160.216.33
Di Cannes, Semua Serba Uang
KOMPAS - Jumat, 04 Feb 2000 Halaman: 8
Penulis: HARIYADI, MATHIAS
Ukuran: 2902

No comments: