Wednesday 7 May 2008

The Personals 徴婚啓事

Kegelisahan Perempuan Asia

SALAH satu film menarik yang diputar pada Jakarta International Film Festival yang berakhir minggu lalu adalah The Personals. Film produksi Taiwan arahan sutradara Chen Kuo-fu (41) yang dibuat tahun 1998 ini berkisah tentang kehidupan seorang perempuan yang sukses dalam kariernya, tetapi memiliki "sisi gelap" dalam kehidupan pribadinya.

Film The Personals menggambarkan kegelisahan perempuan tak bersuami yang punya seorang anak hasil hubungan intim dengankekasihnya. Meski sesungguhnya ia tak harus bersuami untuk menjalani hidup ini, tetapi perempuan itu tetap gelisah dan berusaha kerasmencari pasangan hidup, lewat iklan sekalipun. Ini antara lain akibat nilai-nilai masyarakat yang menganggap perempuan tak bersuami merupakan sesuatu yang "aneh", perempuan mempunyai anak tanpa suami dianggap memiliki "sisi gelap" dalam hidupnya.

The Personals menampilkan suatu kehidupan metropolis yang gemerlapan. Namun kehingar-bingaran kota besar itu toh tak mampumenghapus kesepian dan kegelisahan yang dirasakan sebagian warganya,termasuk dokter Du Jiazhen (diperankan oleh artis Rene Liu),perempuan ahli penyakit mata. Di tengah kesi-bukannya melayani para pasien di sebuah rumah sakit besar di Taipei, Taiwan, dokter berparas manis dan lincah ini justru melalui hari-harinya dengan perasaan sepidan terasing. Sukses meniti karier ternyata tak berjalan seiramadengan kehidupan batinnya yang sepi.

Inilah problem manusia modern. Untuk mengatasi kesepian dan kegelisahannya itu, Du Jiazhenberusaha keras menemukan pasangan hidup. Ia beranggapan kalau bisa mendapatkan suami, hari-harinya tak lagi sepi karena ia bisa berbagi rasa dan pengalaman dengan pria tersebut. Di samping itu, tanpa sadar ia ingin menjadi sosok sesuai dengan nilai-nilai yang dianut masyarakat sejak dulu hingga kini.

Akan tetapi mencari pasangan atau calon suami yang serasi dan cocok dengan dirinya ternyata bukan hal mudah. Untuk mendapatkansuami, Du Jiazhen harus meninggalkan praktik dan kariernya sebagaidokter. Ia punya kesibukan baru yaitu menyeleksi calon suami. Kegiatannya ini dimulai setelah Du Jiazhen memasang iklan dalam sebuah rubrik biro jodoh di koran lokal. Ternyata iklannyamenghasilkan banyak tanggapan dari para pelamar.

Dari sinilah berbagai adegan menarik dan kocak dalam film The Personals terus bergulir. Semuanya berkisah tentang bagaimana Du Jiazhen "menginterogasi" para calon suaminya, dan bagaimana setiap pelamar mencoba "menaklukkan" hatinya. Setiap hari ia harus bertemu tiga sampai empat orang pelamar.

Inilah hari-hari penuh canda sekaligus menegangkan bagi Du setiap kali menemui banyak keanehan dan keluguan para calon suaminya. Mereka datang dari berbagai lapisan masyarakat dengan beragam profesi, mulai dari aktor yang menyamar, buruh pabrik, pria banci, germo, remaja ingusan, sampai bapak tua yang sudah beristri dengan sejumlah cucu.

LEWAT berbagai ragam pertemuan antara Du Jiazhen dengan para pelamarnya di kafe inilah, The Personals bertutur bagaimana manusia yang kesepian dan terasing berkecenderungan untuk menutupi kegelisahan hatinya. Dokter Du Jiazhen digambarkan sebagai sosok yang cerdas, terampil dan sukses, tetapi di sisi lain ia juga merasakan kegelisahan dan kesepian yang amat sangat.

Meski sukses dan pandai, tetapi Du Jiazhen tetaplah manusia seperti umumnya. Ia berusaha keras melenyapkan kegelisahannya. Untuk itu ia melakukannya dengan cara memanipulasi kegelisahan orang lain. Melalui wawancara yang intensif dengan para pelamarnya, Du Jiazhen bisa "memotret" isi hati terdalam para calon suaminya itu. Du Jiazhen seakan bisa menghibur diri dengan cara "mengintip" kekosongan hati orang lain. Ia cenderung menjadikan orang lain sebagai obyek.

Sosok Du Jiazhen oleh Chen Kuo-fu juga digambarkan sebagai tipikal manusia yang secara sadar ingin mengubur masa lalu yang dianggapnya kelam dengan cara "membongkar" persoalan-persoalan sesamanya. Mengapa Du Jiazhen yang berpendidikan dan sukses itu sampai hati melakukannya?

Semua itu terjadi karena pada masa lalunya ternyata jiwa dan hati Du Jiazhen mengalami "luka" yang sangat dalam. Mr Wu, kekasihnya, telah lama meninggalkannya. Tokoh Mr Wu - yang tak muncul dalam film The Personals - adalah pria yang telah beristri. Ketika mengetahui Du Jiazhen hamil akibat hubungan kasih mereka, Mr Wu mendesak agar gadis itu mau melakukan aborsi. Akan tetapi Du Jiazhen menolak permintaan kekasihnya. Mr Wu pun meninggalkannya dengan buah hubungan intim mereka.

Pengalaman hidup sekaligus luka teramat dalam inilah yang telah melahirkan keterasingan dan kesepian di hati dokter muda ini. Meski mampu "mempermainkan" perasaan para pria calon suaminya, tetapi Du Jiazhen ternyata tak tahan menghadapi kepalsuan hidupnyaterus-menerus. Ia lalu memutuskan berkonsultasi dengan Prof Lo, mantan dosennya.

Ketika Du Jiazhen bertemu Mr Chen (diperankan Chen Chao-jung) yang lugu dan jujur, ia tak bisa "mempermainkannya". Di sini ia menyadari kepalsuan hidup sekaligus obsesinya menemukan suami. Du Jiazhen jatuh cinta pada Mr Chen, keduanya lalu pergi bersama dan
bercinta.

Namun kisah asmara itu hanya berlangsung sesaat, karena Mr Chen pun pergi meninggalkannya. Pria yang baru dikenalnya itu pergi, karena bingung dengan perangai aneh perempuan dokter itu.Du Jiazhen yang tak kuasa menahan emosinya, menangis terisak-isak di kamar mandi dan meracau tanpa arah. Ia merasa telah "menemukan" Mr Wu yang selama ini tak ketahuan rimbanya.

Gagal merajut cinta dengan Mr Chen, Du Jiazhen yang sekian lama berusaha mencari Mr Wu, tak menduga bahwa akhirnya panggilan teleponnya kepada ayah anaknya itu dijawab. Seseorang di ujung telepon lain yang ternyata istri Mr Wu mengatakan, Mr Wu baru sajaditemukan meninggal dunia... (Mathias Hariyadi)

director: Chen Kuo-fu
screenplay: Chen Kuo-fu, Chin Shih-chieh, from a story by Chen Yu-hui
cinematography: Ho Nan-hong
editor: Chang Dar-lung
design: Wang Yi-bai
music: Steve Liu Sze-wei
producer: Hsu Li-kong
Zoom Hunt International
118 min
starring: Rene Liu Jo-yin ... Du Jia-zhen
also with: Chin Shi-chieh, Wu Bai, Niu Cheng-tse,
Chen Chao-jung, Gu Baoming


Written and posted by Mathias Hariyadi
Published by Kompas, Thursday 2 December 1999
Source: Database Kliping MATHIAS HARIYADI
222.124.79.135
"The Personals" : Kegelisahan Seorang Perempuan Asia
Swara Kompas - Kamis, 02 Dec 1999
Halaman: 40
Penulis: hariyadi, mathias
Ukuran: 6362
Foto: 1

No comments: