Friday 20 February 2009

1. DENDAM DAN BENCI
Hati manusia selalu berubah-ubah, sekarang marah mungkin besok lusa sudah reda, bahkan mungkin lebih baik lagi terhadap kita. Kerap kita terluka oleh kemarahan orang lain terhadap kita, tetapi hendaknya kita bersabar dan tidak perlu mendendam dan membenci atau membalasnya untuk memuaskan ego kita, karena dendam dan benci adalah perangkap setan yang bisa membawa kehancuran bagi ke dua belah pihak, berdoalah memohon kepada "ALLAH" untuk mengatasi perasaan kita dan selalu berpikir positif.

2. TAK TAHU
Keberanian mengatakan "TAK TAHU" untuk hal yang tidak kita ketahui jauh lebih menenangkan dan dihormati daripada ingin terlihat SERBA TAU. Sesungguhnya "ALLAH" Maha tau kalau kita Tidak Tahu, jadi lebih baik jujur, lalu kita berikhtiar untuk menemukan jalan memperbanyak ilmu.

3. PEKA ILMU
Hati yang bersih akan peka terhadap ilmu, apa yang dilihat, didengar, dirasa akan menjadi samudera ilmu yang membuatnya kian bijak, arif dan tepat dalam menyikapi hidup ini. Orang yang iri dan dengki, segala hal bisa jadi masalah bukan menjadi ilmu. Orang yang minder juga demikian, ilmu seolah tertutup baginya karena sungkan dan segan. orang yang sombong apalagi, semua hal dianggap sepele atau kurang selevel, sehingga tak membuatnya tergerak mengambil pelajaran dari hal yang dialami orang lain.

4. HINDARI KONFLIK
Konflik biasanya terjadi karena SAYA BENAR dan KAMU SALAH. Untuk menghindari konflik berilah kesempatan hati untuk mengatakan "Kita Benar" dan "Dia pun Boleh jadi Benar", Dengan demikian akan mudah mencari solusinya. Ubah ubah cara pandang dari negatif menuju positif.

5. KONSISTEN BERBUAT BAIK
Mustahil semua orang akan menyukai kita, walaupun kita telah berbuat baik semaksimal mungkin. jadi tidak usah aneh dan kecewa apabila orang yang kita baiki ternyata bahkan berbuat kurang ajar atau menyusahkan kita. Terus saja berbuat yang terbaik karena itulah yang akan kembali kepada kita. Serendah-rendahnya tujuan adalah mendapat penghargaan dan pengakuan dari orang lain. Semulia-mulianya tujuan adalah mendapat penghargaan dan kasih sayang dari "ALLAH"


Thanks to Mr.Prayudi atas Inspirasi-nya

No comments: