Wednesday 9 May 2012

Taman Maria Giri Wening Sengon Kerep Hasil Hibah Warga Setempat (5)

DARI mana munculnya sejarah hingga Taman Maria Giri Wening di Wilayah Gerejani Sengon Kerep di Paroki Wedi itu berasal? Awal mulanya adalah keluarga orangtua Bruder Y. Yuwono SCJ yang ingin membagi warisan kepada anak-anaknya.

Nah, kebetulan sekali kedua anak pasangan katolik ini sama-sama anggota Kongregasi SCJ yakni Bruder Y. Yuwono SCJ sendiri dan adiknya yang waktu itu masih berstatus sebagai frater skolastik SCJ.

Singkat cerita, Bruder Y. Yuwono juga mendapat bagian tanah warisan peninggalan orangtuanya. Namun karena menjadi seorang rohaniwan SCJ, Bruder Yuwono tak mungkin mengurusi warisan tanah peninggalan orangtuanya itu. Begitu pula Kongregasi SCJ juga tak mampu mengurusi hal-hal seperti itu.
Akhirnya, munculah gagasan akan dibuat semacam taman berdoa. Diberi nama “Taman Maria” lantaran di taman ini berdiri patung Bunda Maria.

Donatur
Gayung pun bersambut. Seorang donatur dari Solo merespon baik gagasan tersebut dan berminat mendukung  dalam pembiayaan prasarana tempat berdoa ini. Ternyata sambutan masyarakat setempat juga tak kalah ‘heboh’nya. Intinya, mereka senang  bisa mewujudkan taman berdoa, termasuk pembuatan patung Hati Kudus Yesus yang idenya baru muncul belakangan.
Respon masyarakat setempat menjadi nyata, ketika mereka komit udhu bahu (sumbang tenaga) membangun taman berdoa ini.

Taman Maria Giri Wening Sengon Kerep Hasil Hibah Warga Setempat (5)Harapan bahwa taman berdoa ini akan ramai dikunjungi para peziarah makin besar, apalagi tak jarang peziarah luar kota yang mendatangi Sendang Sriningsih di Jali juga tak mau melewatkan berdoa di taman berdoa relatif baru ini.

Akhir-akhir ini, pelayanan Sakramen Ekaristi yang semula hanya sebulan sekali menjadi lebih intensif yakni sepekan sekali. Umat katolik setempat makin semangat dengan fenomena ini.
Belum lagi, masyarakat setempat yang non kristiani juga mendapatkan ‘berkat’ berlimpah karena bisa berjualan atau jasa mengantar tamu.

Photo credit: 
Taman Maria Giri Wening Sengon Kerep (Hidup & www.lingkunganthomasrasul.blogspot.com)

Ditulis oleh Romo Yohanes Samiran SCJ dan muncul dalam publikasi di www.sesawi.net seperti link ini.
 

Artikel terkait:
Protes Usik Keheningan Taman Maria Giri Wening di Sengon Kerep, Paroki Wedi (1)
Protes Usik Keheningan Taman Maria Giri Wening di Sengon Kerep, Paroki Wedi (2)
Taman Maria Giri Wening Sengon Kerep, Paroki Wedi: Situasi Makin Kondusif (3)
Sejarah dan Lokasi Taman Maria Giri Wening Sengon Kerep Paroki Wedi (4)

No comments: