Wednesday 2 May 2012

PaLingSah, Paguyuban Lingkaran Sahabat Mgr. Ignatius Suharyo Pr (1)

PARA  sahabat yang sudah menjadi anggota Paguyuban Lingkaran Sahabat (PaLingSah) maupun yang belum atau tidak. Salam sejahtera untuk kita semua.

Pada awal masa Prapaskah 2012 ini kiranya saat yang tepat untuk melakukan kegiatan konkrit yang membawa pada perubahan perilaku. Salah satu yang menarik adalah fenomena “mencuci tangan” oleh Pontius Pilatus diubah oleh Yesus menjadi fenomena “mencuci kaki” dilanjutkan dengan “memecah bagi” Roti.

Pertobatan adalah meninggalkan sikap “ tidak mau bertanggung jawab” menjadi sikap “mau melayani peduli dan berbagi”. Prosesnya mulai dari diri sendiri, hal-hal yang kecil dan sekarang.

Lingkaran Sahabat sebagai Paguyuban akan memulai kiprah sejarahnya untuk ambil bagian dalam proses perubahan itu mulai hari ini, Kamis Wage 1 Maret 2012, setelah mendapat restu dari Mgr. Ignatius Suharyo dalam acara tatap muka pada hari Sabtu Wage, 25 Februari 2012.

Semangat peduli dan berbagi
Paguyuban ini dibentuk untuk menjadi mitra dan sahabat yang menemani beliau dalam karyanya dan sekaligus sebagai penanda kehadiran beliau di KAJ. Sebagaimana saran beliau, PaLingSah akan memulai atau melanjutkan dengan kegiatan penguatan suasana rukun, guyub, dan gayeng di antara para sahabat agar bisa menjadi lebih berarti satu dengan yang lain dalam semangat peduli dan berbagi.

Dengan cara itu  akan menjadi ungkapan dan tanda yang diharap dan cita–citakan seperti dituangkan dalam visi-misinya Paguyuban. Melukis wajah Yesus dalam pelayanan menurut istilah Mgr. Ignatius Suharyo. Segala sesuatu mulai dari persahabatan, iman yang dihayati secara benar dengan sendirinya  akan membentuk persekutuan dan persekutuan para sahabat sejati yang terwujud dengan sendirinya karya dan pelayanan akan muncul, itulah keyakinan Mgr. Ignatius Suharyo.

Dirintis sejak tahun 2009
Para sahabat sekalian,

Rintisan membentuk Paguyuban Lingkaran Sahabat Mgr. Ignatius Suharyo sudah dimulai sejak 2009,  sejak beliau mendapatkan penugasan baru diutus mengembang jabatan Uskup Agung Koajutor Keuskupan Agung Jakarta. Suasana yang telah mulai terbentuk yakni rukun, guyub, dan gayeng itulah yang akan dilanjutkan kedalam kegiatan yang lebih terorganisir sehingga ada asas manfaat yang berkesinambungan.

Dengan kata lain kehadiran kita satu sama yang lain menjadi berkat sebelum mampu ikut dalam kegiatan-kegiatan yang lebih keluar baik kemasyarakatan maupun pastoral Gereja. Oleh karenanya, kegiatan tahun ini lebih fokus ke dalam melalui temu muka dan perayaan ekaristi bersama Mgr. Ignatius Suharyo sambil menyusun kegiatan atau program yang cocok.

Semoga awal kiprah Paguyuban PaLingSah ini semakin menyatukan kita sebagai sahabat seperti tersirat dalam logo Paguyuban dan penjabarannya sesuai  semangat pelayanan Mgr. Ignatius Suharyo yang mengambil motto Serviens Domino Cum Omni Humilitate (Dengan rendah hati aku melayani Tuhan dan semua orang) sebagaimana termaktub dalam Kisah Para Rasul 20:19.
  
Suryo Pujowiyata, Ketua PanglingSah
Sekretariat PalingSah       
Jl. Jl Cikajang 31                                                                                                          
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan                                                                                                                                                                                      
Email Sekretariat: palingsah_sekretariat@yahoo.com                                
Grup milis anggota: palingsah@yahoogroups.com
        (Bersambung)

Disampaikan oleh Ketua PaLingSah Henricus Suryapujawiyata
Disarikan oleh Mathias Hariyadi

No comments: