Wednesday 2 May 2012

Mgr. Ignatius Suharyo: PaLingSah Hadir untuk Dukung Tugas Penggembalaan Pastoral dan Imamat (3)

TEMAN-teman yang baik,

Ketika mendengar pertama kali kata “PaLingSah”, saya tidak membutuhkan waktu lama untuk menangkap maksudnya yang adalah Paguyuban Lingkaran Sahabat.

Saya bersyukur karena banyak teman-teman yang mempunyai kerinduan untuk mengembangkan persahabatan yang sejati dan bersama-sama berusaha mewujudkannya dalam bentuk paguyuban itu.
Kata sahabat menjadi kata yang penuh makna ketika kita kaitkan dengan kata-kata Yesus yang menyatakan, “Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku” (Yoh 15:15).

Sebelumnya, Yesus berkata, “Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu” (ay 13-14).

Para murid disebut sahabat karena mereka melakukan kehendak Yesus, artinya mereka beriman. Sementara itu, kita yakini pula bahwa persahabatan yang sejati tidak akan berhenti pada perasaan nyaman, tetapi akan berbuah dalam berbagai bentuk pelayanan kasih. Keyakinan itulah yang dirumuskan pada alinea pertama Arah Dasar Pastoral Keuskupan Agung Jakarta Tahun 2011-2015.



Dengan demikian kita semua berharap, dengan membentuk dan mengembangkan Paguyuban Lingkaran Sahabat (PaLingSah), kita ingin semakin memperdalam iman akan Yesus Kristus, membangun persahabatan sejati dan terlibat dalam pelayanan kasih yang semakin kreatif.

Semoga cita-cita itu menjadi cita-cita kita bersama dan harapan itu pelan-pelan menjadi kenyataan. Kita percaya bahwa Ia yang telah memulai karya yang baik dalam diri kita akan menyempurnakannya juga pada waktunya.

1 Maret 2012
ttd.                                                                                                                                                                                                                                                           I. Suharyo
Uskup Agung Jakarta



Artikel terkait:

No comments: