Wednesday 9 May 2012

Protes Usik Keheningan Taman Maria Giri Wening di Sengon Kerep, Paroki Wedi (2)

AKSI protes massa terhadap proses pembangunan Gua Maria Giri Wening di Sengon Kerep, Kelurahan Sampang, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul itu bermula ketika ada rombongan massa yang baru saja melakukan tablig akbar di sebuah lokasi tak jauh dari gua. Sepulang dari acara ini, mereka melanjutkan perjalanan menuju Gua Maria untuk mempertanyakan proses perizinan pembangunan  yang menurut mereka “cacat hukum”.

Sempat terjadi aksi dorong-mendorong antara massa dengan ratusan aparat kemananan terdiri dari polisi dan tentara serta Satpol PP di mulut akses jalan menuju lokasi gua. Sejumlah perwakilan dari massa pemrotes akhirnya diizinkan bertemu dengan perwakilan Muspida Kab. Gunung Kidul untuk mengutarakan isi protesnya.


Sebelumnnya, massa yang menyebut diri sebagai Forum Masyarakat Sampang telah mendatangi DPRD Kabupaten Gunung Kidul untuk menyuarakan nota protes dan keberatan atas rencana pembangunan tempat ziarah ini. Alasan mereka, belum ada izin resmi “turun” melegalkan proses pembangunan tempat ziarah ini.

Tempat berdoa
Massa memprotes, karena izin diberikan hanya untuk peruntukan taman peziarahan dan bukan tempat beribadat berupa gereja.

Catatan perjalanan Uskup Agung Semarang Mgr. Johannes Pujasumarta Pr menunjukkan, beliau pernah berkesempatan mengunjungi lokasi Taman Maria “Wahyu Ibuku” Giri Wening hari Jumat tanggal 2 Maret 2012.

“Taman Maria tersebut menempel pada bongkahan batu yang membujur sepanjang 4 km yang biasa disebut Watu Gedhek. Lokasinya terletak di Dukuh Sengon Kerep, Kelurahan Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunung Kidul, DIY. Berdiri kokoh di lintasan jaringan Pegunungan Seribu antara Kabupaten Klaten dan Gunung Kidul. Taman Maria tersebut berada dalam reksa pastoral Paroki Santa Perawan Maria Bunda Kristus Wedi di Klaten Selatan,” tulis Mgr. Pujasumarta dalam blog pribadinya. (Bersambung)

Photo credit & Source:  http://giriwening.wordpress.com, http://pujasumarta.multiply.com


Artikel terkait:
Protes Usik Keheningan Taman Maria Giri Wening di Sengon Kerep, Paroki Wedi (1)
Taman Maria Giri Wening Sengon Kerep, Paroki Wedi: Situasi Makin Kondusif (3)
Sejarah dan Lokasi Taman Maria Giri Wening Sengon Kerep Paroki Wedi (4)

No comments: