Saturday 13 September 2008

PWI Reformasi Bersuara Lantang

Pernyataan Sikap
Pernyataan Sikap Koornas PWI-Reformasi atas Keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dalam kasus gugatan perdata antara PT AAG dan Majalah TEMPO:
Berdasarkan AD/ART PWI-Reformasi, Kode Etik Wartawan Indonesia (KEWI) PWI-Reformasi, dan Hasil Kongres Luar Biasa di Subang, Jawa Barat, 2007, di antaranya mengamanatkan kepada pengurus Koornas, untuk melakukan berbagai upaya agar bangkitnya kekuatan ke-4 dalam demokrasi, antara lain melalui berpegang teguh kepada prinsip dan elemen jurnalisme, meningkatkan perhatian kepada liputan investigasi, reportase yang dalam, memotivasi tumbuhnya media alternatif.
Maka pada penghujung 2007, kami telah memberikan penghargaan dan apresiasi yang dalam kepada Sdr. Metta Dharmasaputra, wartawan TEMPO sebagai JOURNALIST of THE YEAR 2007, atas prestasi liputannya indikasi penggelapan pajak oleh PT AAG, yang mencapai Rp 1,3 triliun.
Terhadap hal tersebut kami menilai bahwa: liputan TEMPO telah memenuhi kaedah jurnalistik.
Atas keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, yang menjatuhkan vonis bersalah terhadap TEMPO, denda Rp 50 juta, plus pernyataan bersalah di tiga media nasional selama tiga hari berturut-turut, menjadi sebuah fakta bahwa kriminalisasi terhadap pers makin nyata adanya.
Keputusan itu, telah mengebiri kesempatan bagi media berpihak kepada warga, sekaligus mengebiri liputan dan reportase dalam terhadap indikasi penyalah-gunaan anggaran, kolusi dan korupsi, yang di banyak lini, memang terindikasi kian menjad-jadi di negeri ini.
Kami menghimbau, kepada segenap insan pers untuk bersatu padu menghadapi setiap ancaman terhadap jurnalis dan media, termasuk dari kooptasi kepentingan kekuasaan dan uang; membuat esensi kerja jurnalistik kian pudar, menabalkan media menjadi ranah kehumasan yang menghamba bukan kepada kebenaran.
Demikian surat pernyataan kami, untuk dapat menjadi perhatian dan mendapatkan dukungan warga sebagaimana adanya.
Terima kasih.
Jakarta, 10 September 2008
Koornas PWI-Reformasi
Narliswandi Piliang, Ketua
Dimmas Wibowo, Sekretaris
Manggala Wanabakti Ruang 212, Wing B
Telepon : 5746724
Mobile: 08128808108

No comments: