Monday 19 January 2009

Museum Punya Banyak Sahabat

LATAR BELAKANG

SAHABAT MUSEUM adalah komunitas anak muda yang peduli dan mempunyai minat yang sama mengenai peninggalan sejarah, heritage, heritage, seni dan budaya nusantara. Komunitas SAHABAT MUSEUM ini dimulai ketika Adep Purnama yang biasa dipanggil ADEP, pelopor SAHABAT MUSEUM (yang kemudian menjadi ketua SAHABAT MUSEUM) tertarik untuk mengikuti perjalanan pertama program Wisata Kampung Tua yang diselenggarakan oleh Museum Sejarah Jakarta pada bulan Juli 2002. Setelah mengikuti perjalanan tersebut, ia mempunyai ide, minat & tujuan untuk membantu museum dalam membenahi acara yang dianggap sangat menarik dan berpotensi untuk dipublikasikan untuk menjadi edutainment kepada masyarakat umum. Untuk itu, ia menghubungi beberapa rekannya yang berpikiran sama, dan sepakat untuk membentuk suatu komunitas pecinta sejarah yang mengajukan konsep education & entertainment dengan nama SAHABAT MUSEUM.

TUJUAN


Tujuan dibentuknya komunitas SAHABAT MUSEUM adalah untuk berbagi informasi mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah, heritage, seni dan budaya, baik mengenai Indonesia pada umumnya, maupun Jakarta pada khususnya. SAHABAT MUSEUM juga memberikan informasi dan mengadakan kunjungan – kunjungan ke museum museum, lokasi lokasi dan bangunan bangunan yang mempunyai nilai sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi.


VISI dan MISI


Visi SAHABAT MUSEUM adalah untuk memberikan pendidikan sekaligus entertainment (edutainment) kepada berbagai kalangan dengan cara tersendiri. Dengan berbekal pengetahuan yang matang mengenai sejarah Jakarta, pengalaman serta jiwa entertain yang penuh semangat, SAHABAT MUSEUM telah membuktikan kesuksesannya dalam merangkul masyarakat awam untuk tertarik terjun dan berpartisipasi dalam kegiatan SAHABAT MUSEUM.

Misi yang ingin dicapai oleh SAHABAT MUSEUM adalah untuk mensosialisasikan semua itu dan mewujudkan cita-cita untuk dapat menjadikan Jakarta sebagai kota sejarah yang dikenal dunia internasional.

Moderator

Bagi kalian yang baru saja bergabung, milis ini dibantu oleh 4 moderators (deedee caniago, ninta sebayang, mayasari taufik, galuh fajar). Hingga saat ini, tanggal 23 Juni 2008, anggota milis sahabat museum sudah mencapai 3672 orang.

Plesiran Tempo Doeloe

Acara tetap bulanan kami adalah acara Plesiran Tempo Doeloe, biasa disingkat dengan PTD (atau PiTiDi kalo yang ngomong Cinta Laura), yaitu acara jalan2 sejarah santai mengunjungi beberapa lokasi sejarah.

PTD terbagi dalam 2 jenis, PTD dalam kota dan PTD luar kota. PTD dalam kota biasanya diadakan sebulan sekali, yang jatuh pada hari minggu diakhir bulan nya (catet yaaa), sedangkan untuk PTD luar kota biasanya sesuai dengan jadwal yang sudah dilemparkan ke milis sebelumnya.

Semua anggota BatMus atau bukan bisa mengikuti acara dan kegiatan BatMus asalkan sehat jasmani & rohani, dan mengikuti ketentuan & peraturan yang berlaku.

Untuk mengikuti acara PTD, calon peserta bisa melihat pengumuman atau informasi acara yang biasanya di posting di milis beberapa minggu sebelum acara, kemudian mendaftarkan diri dengan mengirimkan email ke adep@cbn.net.id BUKAN ke milis BatMus. Dan setelah mendapatkan konfirmasi keikutsertaan & nomor urut, calon peserta akan diminta untuk mentransfer biaya keikutsertaan acara.

Biaya keikutsertaan PTD dalam kota sebesar Rp 30,000 sampai Rp 75,000/orang (tergantung program & lokasi plesiran), sudah mencakup kunjungan & tiket masuk ke lokasi2 sejarah atau bangunan2 tua, informasi yang diberikan oleh nara sumber, snack ringan khas BatMus (roti buaya) & kadang2 ada tambahan tontonan film sejarah, diskusi atau bedah buku, keceriaan dan syukur2 bisa masuk koran/majalah/TV karena BatMus sering sekali diliput oleh media di setiap acaranya ;-)

Cara keikutsertaan PTD luar kota hampir sama, hanya saja biaya PTD luar kota berbeda setiap kota nya, tergantung lokasi tujuan wisata, biaya transportasi, akomodasi, makanan, dll dsb, dan biasanya calon peserta PTD luar kota akan sebelumnya akan diminta untuk transfer down payment (DP) beberapa minggu dimuka.

Cara pembayaran PTD bisa melalui 3 bank yang disediakan :

Bank BCA : 2371425693 BCA cab Pondok Indah atas nama ADE HARDIKA PURNAMA

Bank MANDIRI : 101.000.44.34.088: cab Pondok Indah atas nama ADE HARDIKA PURNAMA

Bank BNI 46 : 0148445465 cab Pondok Indah atas nama ADE HARDIKA PURNAMA

Peraturan Mailing List Sahabat Museum

  1. Milis ini dibangun untuk ajang berdiskusi dan berbagi informasi tentang hal hal yang berhubungan dengan sejarah, heritage, tempo doeloe, kegiatan kegiatan batmus dan semua hal2 yang terkait didalamnya. Siapa saja boleh menjadi anggota, dan boleh ikut serta berpartisipasi dalam segala macam acara dan kegiatan batmus

  1. Semua member milist diperbolehkan mem posting segala macam informasi yang berhubungan dengan hal hal tersebut diatas

  1. Dilarang menggunakan media ini untuk promosi bisnis pribadi/perusahaan, iklan yg tidak berhubungan dengan forum, MLM, mengirim email yang berisikan chat (email pendek/sepotong tanpa identitas yang jelas), email berantai dan sejenisnya.
    Setiap anggota yang melanggar akan langsung dikeluarkan/ Banned dari milis tanpa/dengan peringatan terlebih dahulu

  1. Mohon perhatikan sebelum mengirim email membaca kembali apakah email tersebut pantas dibaca oleh ratusan orang yg tidak membutuhkannya, jadi silahkan japri ke email yg bersangkutan juga hindari cross posting, supaya tidak menjadi junk mail yang memenuhi kapasitas inbox

  1. Attachement tidak diperbolehkan di milis untuk menghindari virus yang sering menyerang milis. Apabila ada photo photo atau gambar gambar yang ingin di sharing, silahkan masukan link ke website yang memuat photo-photo tersebut

  1. Silahkan Bertukar informasi dan berdiskusi dengan baik, bersahabat, dan
    dengan semangat membangun. Hindarilah perdebatan yang tidak perlu yang mengarah ke perpecahan

  1. Saat me-reply disarankan untuk menghapus baris-baris "quote" yang sudah tidak
    diperlukan agar tidak membingungkan pembaca, sekaligus mengurangi besar email.

  1. Diperkenankan mengirim cuplikan artikel dengan menyebutkan sumber aslinya.
    Jika artikel tersebut tersedia di Internet, mohon disertakan alamat URL aslinya.
    dan apabila FW mohon di hapus bagian yg tidak perlu

  1. Mohon mengisi kolom "SUBJECT", sesuai isi email anda.
    Gunakan "Plain Text" dalam pengiriman email, hindari "Rich Text" atau "HTML
    format".

  1. Gunakan bahasa yang sopan dan sederhana yang bisa dimengerti oleh semua orang, dikarenakan anggota milis terdiri dari berbagai macam latar belakang dan usia yang berbeda

  1. Apabila menanyakan sesuatu, harap menunggu respond dengan sabar dikarenakan tidak semua orang mempunyai akses internet selama 24 jam, sehingga perlu waktu untuk menjawab semua pertanyaan pertanyaan yang diajukan. Semua angota milis dipersilahkan untuk saling membantu sharing informasi yang diketahui mengenai pertanyaan pertanyaan yang diajukan, maupun mengenai informasi seputar sejarah, heritage, tempo doeloe yang menarik untuk di sharing ke semua anggota milis

  1. Bagi yang melanggar ketentuan-ketentuan di atas, emailnya dapat di-moderat atau bahkan langsung di-banned oleh Moderator tanpa/dengan pemberitahuan sebelumnya

  1. Moderator berhak untuk melakukan perubahan terhadap ketentuan ini sesuai dengan
    kebutuhan.

Sekilas singkatan2 yang sering digunakan di milis BatMus

1.BatMus = Sahabat Museum

2.PTD = Plesiran Tempo Doeloe = acara jalan2 wisata sejarah bulanan BatMus

3.PinTong = Pindah Tongkrongan = acara kumpul2 anak2 BatMus yang berpindah2 dari satu tempat ke tempat lain dalam satu harinya. Bisa nonton bareng (film sejarah/dokumenter/atau film 21 yang terkini),photo2 bareng, ngafe & ngupi bareng, makan2 bareng, karaoke bareng,dll dsb.

Multiply

Untuk melihat ”wajah” teman2 anggota BatMus, silahkan add :

Multiply : http://sahabatmuseum.multiply.com

Sekian sekilas informasi mengenai sahabat museum. Apabila masih ada yang perlu ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui jalur pribadi (japri) alias email ke adep@bn.net.id, HP di 0818-949682 atau join milsnya di sahabatmuseum@yahoogroups.com

No comments: