Monday 2 June 2008

NAMA DAN PERISTIWA

Mang Udel alias Drs. Purnomo

UKULELE dan Mang Udel (77) ibarat dua sisi sekeping mata uang. Di mana pun Mang Udel berada, di situ pula aktor film kawakan yang punya nama lengkap dan asli Drs Raden Panji Purnomo Tedjokusumo ini tak pernah lupa membawa serta ukulele, alat musik kesayangannya.
Selanjutnya ya mulai jreng... jreng.. jreng....


Meski tak diminta orang agar dia menyanyi atau memainkan alat petik kesayangannya itu, ia tetap saja menyanyi dan memetik ukulele. Bahkan kalau perlu, menyanyikan lagu-lagu kroncong dengan lirik bahasa Belanda. Begitulah Mang Udel memperlakukan ukulelenya.

Namun pemandangan ini tak segera muncul saat ia didaulat panitia naik ke pentas, dalam acara seni bertajuk Mengenang Ismail Marzuki di Hotel Indonesia Jakarta beberapa hari lalu. Mang Udel tidak segera memainkan ukulelenya seperti dugaan dan harapan banyak orang.

Aktor layar lebar yang pernah sukses bermain dalam sinetron Losmen itu, ternyata memilih tarik suara tanpa iringan ukulelenya. Maka melantunlah sebuah tembang berjudul Halo Ibu, yang menurut dia betul-betul asli karya mendiang Bang Ma'ing -begitu Ismail Marzuki sering dipanggil akrab- namun banyak dilupakan orang. Mang Udel menyanyikan lagu itu penuh perasaan, lengkap dengan gaya seorang anak bila yang tengah menelepon ibunya saat hatinya dilanda kerinduanm mendalam akan kampung halamannya.

"Setiap kali melantunkan lagu itu, ingatan saya terbang nun jauh ke belakang ketika Bang Ma'ing masih hidup. Saya sengaja menyanyikan Halo Ibu, karena banyak orang tahunya lagu itu karya orang lain. Padahal saya tahu jelas, Halo Ibu adalah ciptaan Bang Ma'ing," ujar Mang Udel di balik layar. (Mathias Hariyadi)

Foto: Kompas/Mathias Hariyadi

No comments: